Minggu, 09 Desember 2012

Calon Guru Dibekali Kurikulum Baru

JAKARTA - Universitas Mataram (Unram) menyatakan komitmennya untuk menerjunkan calon guru yang siap pakai. Guru-guru yang akan ditelurkan oleh universitas yang berfungsi sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) itu, juga akan dibekali dengan pengetahuan tentang kurikulum baru.

Rektor Unram, Sunarpi, Sabtu (8/12) mengatakan komitmen ini sebagai antisipasi diberlakukannya kurikulum baru pendidikan nasional 2013 mendatang. Artinya, calon guru selain berpendidikan minimal S1, mereka juga mengikuti program profesi guru.

"Sebelum masuk program induksi selama satu tahun untuk diperbolehkan mengajar, mereka akan mendapatkan pembekalan kurikulum baru. Bagaimanapun calon guru yang diluluskan Unram harus disiapkan,“ katanya Sunarpi di Jakarta, Sabtu (8/12).

Sunarpi mengatakan, sebelum memberikan pembekalan, pihaknya akan melakukan penyiapan dan penataan kurikulum. Karena jajaran akademisi Unram telah mendapat gambaran tentang kurikulum baru dari Kemdikbud dalam uji publik di Kampus Unram.

Bahkan selama uji publik, Unram juga akan memberikan masukan terhadap penyempurnaan kurikulum 2013. “Masukan akan kami sampaikan ke Menteri langsung atau melalui laman secepatnya dalam 1-2 hari ini,” katanya.

Terkait persoalan kekurangan guru di NTB, Sunarpi menjelaskan, Unram bekerja sama dengan dinas pendidikan se NTB menyelenggarakan program pembelajaran di kelas. “Selama ini telah mengirim para calon guru, di luar KKN (Kuliah Kerja Nyata), untuk mengambil program PKL (praktik kerja lapangan) di sekolah-sekolah," tambah Sunarpi.(fat/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar