Minggu, 09 Desember 2012

CONTOH SOAL TKB GURU SD

  1. Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan putih)
  2. Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
  3. Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
  4. Gambarlah perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
  5. Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
  6. Mengapa jamur termasuk heterotrof?
  7. Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
  8. Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing!
  9. Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai?
  10. Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
  11. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca!
  12. Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
  13. Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
  14. Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
  15. Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan!
  16.  Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
  17. Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
  18. Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
  19. Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural
  20. Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
  21. Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language?
  22. Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar